Tuesday, January 15, 2019

PENGERTIAN DAN TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK


PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software Engineering. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan tahun 1968 pada Software Engineering Conference yang diselegarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.
Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi (O’Brien, 1999).
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Jelas bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan “semua aspek produksi” pada pengertian diatas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Secara umum RPL tidak berbeda dengan rekayasa yang lain. Mari kita perhatikan gambar 1.2 berikut :

Dari gambar 1.2 dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Secara lebih khusus kitra dapat menyatakan tujuan RPL adalah :
1.        Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.        Menghasilakn perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu.
3.        Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
4.        Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.


No comments:

Post a Comment