A.
Pengertian Pemasaran Online
Pemasaran online sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing
merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk
atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran
yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran Internet umumnya
meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk
periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat
pemasaran atau copywriting.
Ada beberapa definisi online
marketing menurut para ahli :
1. Menurut Armstrong dan Kottler (2004:74)
E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company
efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the
internet.
E-Marketing adalah
sisi pemasaran dari E-Commerce, yang merupakan kerja dari perusahaan untuk
mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui
internet.
2. Menurut Boone dan Kurtz (2005) E-Marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan
kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan,
pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada
pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.
B. Manfaat
Pemasaran Online
1. Melakukan perubahan dengan cepat
Kita dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi
kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja
dengan baik, dan melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah.
2. Menentukan sasaran demografis tertentu
Pemasaran online memungkinkan untuk menargetkan
demografis tertentu seperti halnya
gender, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan
tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
3. Banyak media pilihan.
Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk
melakukan pemasaran online, dapat menggunakan audio, video, blogging, email,
media sosial dan newsletter yang sedang berlangsung.
4. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
Dalam hal ini ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu pihak
konsumen dan pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung). Keuntungan
dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk
yang mereka cari. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom mesin
pencari di internet yang berkaitan dengan produk yang dicari, maka mereka akan
disajikan banyak informasi, baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang
cara mendapatkan produk tersebut, baik dari produsen langsung maupun melalui
penjualnya, seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya. Keuntungan dari
pihak pemasar mereka dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang memang sedang
mencari dan membutuhkan produknya.
5. Kemampuan Konversi Instan
Kita memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan secara
instan. Ketika kita memasarkan online,
kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat
mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse.
Baca Juga : Cara Kerja Marketing Online
C. Keuntungan
Pemasaran Online (Marketing Online)
1. Organisasi Lebih
Mudah dan Sederhana
Kita tidak perlu
memajang barang secara fisik, cukup menyediakan katalog atau daftar barang
serta deskripsi singkat mengenai masing-masing barang tersebut. Kita juga tidak
perlu memiliki banyak karyawan penjual, kita hanya perlu karyawan yang menangai
pemesanan secara online dan karyawan yang menangani pengiriman barang.
2. Kemudahan Mengelola Barang
JIka kita menjual
barang secara online dengan menggunakan website sendiri, sistem manajemen situs
menyediakan sistem pengelolaan barang dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah
melihat stok barang. Kita juga dapat menjual barang berdasarkan pesanan. Hal
ini akan mempermudah kita mengelola barang dagangan.
3. Pelayanan Lebih Fokus
Kita tidak perlu
khawatir bahwa banyak pelanggan yang
tidak terlayani. Sistem komputer akan menampung semua pesanan. Kita hanya perlu
melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian.
4. Riset Pasar Lebih Mudah
Berjualan melalui
situs online membantu kita melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang
banyak diminati misalnya dengan melihat kata kunci yang mereka cari di situs
anda. Hal ini akan membantu anda merencanakan strategi yang tepat untuk
meningkatkan penjualan.
5. Biaya Pemasaran Murah
Biaya pemasaran di
internet relatif sangat murah. Pemasaran dapat dilakukan dengan memajang produk
di website sendiri atau di website pihak lain melalui agen pemasaran online.
Kita bahkan bisa memanfaatkan website atau blog secara gratis di situs-situs
tertentu.
6. Kemudahan Memilih Target Pasar
Kita dapat memawarkan
produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau atau media sosial. Kita
juga dapat memasang iklan secara gratis atau berbayar dengan kata kunci tertentu.
Hal ini membantu kita memilih target pasar yang potensial.
7. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Internet tersedia
untuk diakses setiap saat. Pelanggan dapat mengunjungi situs tempat kita
memasarkan produk anda kapanpun dan dimanapun selama mereka mendapatkan akses
internet.
No comments:
Post a Comment