A. Pengertian
Search Engine
Optimization (SEO)
Semakin
berkembangnya Internet maka semakin luas pula fungsinya. Salah satunya adalah
menjalankan bisnis secara online. Bisnis
dalam skala kecil maupun skala besar masing-masing berlomba-lomba menunjukkan
eksistensinya melalui web dan jumlahnya sangat besar. Persaingan bisnis di Internet sangat pana s
hingga kehadiran search engine dianggap menjadi salah satu solusi agar website
dapat ditemukan dengan mudah. Sampai disini persaingan belum berhenti karena
listing web di search engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan
kemenangan berada di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO.
Ada ratusan ribu bahkan
jutaan list dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikkan
keyword tertentu. Tentunya pengunjung
jarang melihat ke halaman-halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa
yang pertama kali dilihat pada halaman pertama hasil pencarian. Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan
peringkat di halaman pertama, karena peringkat tersebut berarti kemungkinan
traffic pengunjung yang berlimpah.
Search
engine optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat
utama di hasil pencarian search engine . Apa yang dioptimalkan? Website dan
visibilitasnya di dunia internet. Meski SEO merujuk pada frase search engine
optimization, namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah
websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma
search engine.
Ada beberapa hal yang
mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus, diantaranya :
·
Ranking
dan
traffic. Peringkat yang baik memungkinkan traffic yang
datang dari search engine sangat besar
·
Brand
awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan
pelanggan potensial untuk mengingat suatu
perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Meskipun pada awalnya tidak bergitu berefek
pada tingkat penjualan, namun brand awareness
dapat menjadi tolak ukur eksistensi perusahaan, produk atau web di mata publik. Mereka akan mengenal
dengan baik web, perusahaan dan
produk/layanan anda. Pada perjalanan panjangnya anda akan
menemukan selling point yang tepat guna meningkatkan jumlah penjualan dan daya
jual produk atau jasa yang ditawarkan.
·
Visibilitas
dan Otoritas. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas
dan otoritas di search engine serta dunia
internet dalam jangka waktu yang relatif panjang, tentunya bila didukung oleh
praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat)
karena cara-cara yang buruk seperti spamming,
keyword stuffing, cloaking, membuat dooway pages dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya akan melukai website anda. Efek SEO
curang dalam jangka waktu pendek akan
mendapat penalti sangat besar, sehingga usaha brand building yang sedang dilakukan dapat rusak jika situs telah
dicap sebagai spammer.
·
Revenue
atau ROI tinggi. Kampanye SEO yang
dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan ROI atau hasil investasi jauh
lebih besar dibanding kampanye-kampanye marketing/advertising
lainnya. Karena SEO tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika anda
menggunakan jasa SEO. Ada satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan
jasa SEO, pastikan benar yang mengerti tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda kedepannya.
SEO
adalah hal vital dan penting dalam dunia bisnis online dan mampu memberikan
pengaruh signifikan pada usaha pengembangan bisnis anda.
Baca Juga : Cara Kerja Marketing Online
SERP
adalah singkatan dari Search Engine Result Page yaitu daftar halaman web yang
ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang kita ketik
pada mesin pencari.
Mesin
Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style) :
Tabel 1. Urutan
Mesin Pencari
B. Cara
Kerja SEO
Memahami
prinsip kerja search engine merupakan
awal yang baik untuk menguasai SEO lebih jauh.
Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat dihadirkan sesuai query yang diinginkan. Bagaimana google dapat menemukan halaman-halaman
web yang sesuai dengan query tersebut? Bagaimana pula cara google menentukan
urutan-urutan list dalam hasil pencarian?
Dalam perumpamaan sederhana google dapat disamakan dengan
sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah digunakan, dan mudah
dicari. Ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks
yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relavan
sesuai dengan yang dicari.
Ada 3 konsep atau proses kunci yang memungkinkan google
dapat melakukan hal tersebut :
1. Crawling (Perayapan)
Crawling atau perayapan adalah proses googlebot (bisa
juga disebut sebagai robot, bot spider, spiderbot) mencari halaman-halaman baru
atau yang diupdate untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Google menggunakan beberapa set komputer
untuk mengambil (merayapi) miliaran halaman web. Program googlebot inilah yang bertugas
melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan
situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi, seberapa sering perayapan
(crawl) dilakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah
web.
Proses perayapan google diawali dari list URL halaman web
yang didapat dari proses crawling sebelumnya ditambah dengan referensi sitemap
yang didaftarkan oleh para webmaster.
Ketika googlebot mengunjungi masingmasing halamaan website, dia akan menemukan
link-link baru sebagai rujukan untuk ditambahkan ke dalam halaman indeks guna
proses perayapan selanjutnya. Perubahan
pada website atau halaman website, dan link-link mati (dead links) atau rusak
(broken links) menjadi referensi untuk mengupdate indeks dengan hasil terbaru. Googlebot
dijalankan dari beberapa mesin sekaligus untuk meningkatkan performa dan
proses. Hal ini disebabkan web terus berkembang dan halaman web yang harus
di-crawl semakin bertambah. Mesin-mesin
yang mendistribusikan googlebot tersebut letaknya tersebar di beberapa titik
server. Tujuannya agar proses crawling suatu website cepat dilakukan melalui
server erdekat dengan website tersebut.
2. Indexing (Proses Pengindeks-an)
Googlebot
kemudian memproses masing-masing halaman yang dirayapinya untuk, mengumpulkan
seluruh kata yang dibaca dan lokasi yang ditemukan kedalam sebuah indeks
besar. Selain teks atau kata, google
juga memproses segala informasi atau tipe konten yang terdapat pada halaman
web, baik dalam bentuk tag-tag script seperti : p (paragraph), a (link), head,
body, meta, title dan lain-lain juga atribut alt, rel, href, dan
lain-lain. Namun googlebot tidak dapat membacca
dan memproses tipe file rich content seperti flash atau frame dan halaman-halaman
dinamis.
3.
Serving/Delevering (Menampilkan Hasil Pencarian)
Ketika user google mengetikkan keyword tertentu di kotak
pencarian (menuliskan query), mesin pencari akan mencari konten ke dalam indeks
dan kemudian menampilkannya sebagai list hasil pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat dipercaya
google sebagai hasil yang paling relevan bagi user. Semakin besar nomor urutan listing (semakin
kebawah) semakin kecil nilai relevansinya.
Tentu relevansi tidak hanya didasarkan pada keyword, tapi juga 200 an
faktor salah satunya adalah PageRank. PageRank
ini berkaintan dengan SERP yang selalu
berubah setiap harinya, bahkan setiap jam. Selain PageRank faktor lain yang sangat
berpengaruh diantaranya; struktur/navigasi web, isi web(konten), popularitas
web/link, dan lain-lain.
Untuk mendapatkan ranking pencarian yang baik anda harus
memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan website terlebih dahlulu atau
menjadi prinsip dasar SEO, yaitu memastikan bahwa googlebot dapat merayapi
seluruh konten halaman webiste dengan baik, yang semuanya berkaitan dengan
onpage SEO, misalnya penggunaan sitemap xml, sitemap HTML, menyusun strukur web
yang komprehensif, penggunaan meta descrription dan title serta kualitas konten
yang baik.
No comments:
Post a Comment